5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan

5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan


5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan - Flu adalah penyakit infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan dan mudah menular. Gejala flu biasanya meliputi demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan sakit kepala. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), angka kejadian influenza mencapai lima juta kasus per tahun dan angka kematian akibat penyakit ini mencapai 500.000 kasus.

Flu lebih mudah menyebar pada musim hujan karena virus penyebabnya lebih cepat berkembang biak dan menular pada suhu dingin. Selain itu, udara dingin juga dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terinfeksi. Penurunan daya tahan tubuh di musim hujan diduga terjadi karena tubuh kekurangan vitamin D akibat jarang terpapar sinar matahari.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Flu yang menyerang daya tahan tubuh kita di musim hujan tentu saja bisa dicegah dan diatasi. Untuk itu, yuk simak 5 cara jitu untuk mencegah flu di musim hujan berikut ini!

1. Rajin Mencuci Tangan

Membiasakan diri untuk cuci tangan secara rutin, terutama sebelum makan dan setelah menyentuh benda kotor, terbukti efektif dalam mencegah flu. Oleh karena itu, rajinlah cuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik atau lebih. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol lebih dari 60%.

2. Tidak Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Virus penyebab flu dapat masuk melalui mata, hidung, dan mulut, akibat kebiasaan menyentuh wajah saat tangan sedang kotor Maka dari itu, biasakan untuk tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, ya.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit. Ada beragam jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, antara lain aerobik, jogging, dan yoga. Lakukanlah olahraga secara rutin, selama 20–30 menit per hari.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah lebih banyak sayuran dan buah, seperti bayam, pepaya, dan jeruk. Perbanyak juga konsumsi protein, seperti telur, daging, atau ikan, untuk memperkuat daya tahan tubuh.

5. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dalam jangka waktu yang lama juga diketahui berkaitan dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh dan peningkatan kadar hormon stres, sehingga lebih rentan terserang infeksi virus. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur yang cukup setiap malamnya, yaitu sekitar 7–8 jam.

Itulah 5 cara jitu untuk mencegah flu di musim hujan yang bisa kamu terapkan. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau obat-obatan yang mengandung vitamin C atau zinc untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jika kamu sudah terlanjur terkena flu, segeralah minum obat flu sesuai anjuran dokter dan istirahat yang cukup agar cepat sembuh. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Kesehatan Sedunia 2023 Sejarah Tema dan Pesan Pentingnya

Kanker pada Anak Jenis Gejala dan Pengobatan

6 Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Sering Diabaikan