7 Titik Pijat dan Akupunktur yang Ampuh Redakan Batuk

 

7 Titik Pijat dan Akupunktur yang Ampuh Redakan Batuk

7 Titik Pijat dan Akupunktur yang Ampuh Redakan Batuk -Batuk adalah salah satu gejala umum yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, asma, alergi, atau iritasi pada saluran pernapasan. Batuk bisa mengganggu kenyamanan dan aktivitas Anda, terutama jika disertai dengan pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, atau nyeri dada.

Untuk meredakan batuk, Anda mungkin sudah mencoba berbagai obat batuk yang dijual bebas di apotek atau warung. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara lain yang bisa membantu mengatasi batuk tanpa obat? Ya, cara tersebut adalah dengan melakukan pijat dan akupunktur pada titik-titik tertentu di tubuh Anda.

Pijat dan akupunktur adalah teknik pengobatan tradisional asal Tiongkok yang telah lama dipraktikkan untuk mengobati berbagai penyakit. Kedua teknik ini diyakini dapat merangsang sistem saraf dan produksi hormon endorfin dalam tubuh Anda. Endorfin adalah zat kimia alami yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, pijat dan akupunktur juga dapat memperkuat sistem imun Anda sehingga tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pijat dan akupunktur dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek dengan membuka saluran napas, mengeluarkan lendir, dan menenangkan tenggorokan.

Lalu, di mana saja titik pijat dan akupunktur yang ampuh untuk meredakan batuk? Berikut ini adalah daftar 7 titik pijat dan akupunktur yang bisa Anda coba di rumah.

1. Titik Hegu (LI4)

Titik Hegu atau LI4 adalah titik akupresur yang terletak di pertemuan antara pangkal ibu jari dan telunjuk. Titik ini efektif untuk meredakan gejala penyakit apa pun yang berhubungan dengan wajah dan kepala, termasuk flu yang disertai batuk.

Untuk memijat titik Hegu, Anda bisa menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda untuk menekan titik ini dengan cukup kuat hingga terasa agak sakit. Lakukan selama 1–2 menit atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa menggunakan jarum akupunktur untuk menusukkan titik ini dengan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

2. Titik Fengchi (GB20)

Titik Fengchi atau GB20 adalah titik akupresur yang terletak di belakang kepala, tepatnya pada area tulang besar yang sejajar dengan bagian bawah daun telinga Anda. Titik ini punya banyak manfaat untuk mengatasi gangguan pernapasan, mulai dari meredakan pilek, hidung tersumbat, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Untuk memijat titik Fengchi, Anda bisa menggunakan telunjuk dan jari tengah Anda untuk menekan kedua sisi titik ini dengan tekanan yang cukup kuat. Lakukan selama 1–2 menit atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa menggunakan jarum akupunktur untuk menusukkan titik ini dengan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

3. Titik Yingxiang (LI20)

Titik Yingxiang atau LI20 adalah titik akupresur yang terletak pada kedua sisi hidung, tepatnya di ujung lipatan nasolabial (smile line). Sesuai dengan letaknya, titik ini membantu membuka saluran napas, mengatasi hidung tersumbat, serta mempercepat pemulihan dari batuk dan pilek.

Untuk memijat titik Yingxiang, Anda bisa menggunakan jari telunjuk Anda untuk memijat titik ini secara bersamaan dengan tekanan yang cukup kuat. Tekan selama 1–2 detik dan angkat, lalu ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Anda juga bisa menggunakan jarum akupunktur untuk menusukkan titik ini dengan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

4. Titik Tiantu (REN22)

Titik Tiantu atau REN22 adalah titik akupresur yang terletak pada pangkal leher serta tengah pertemuan tulang selangka kiri dan kanan. Titik ini membantu mengeluarkan dahak pada tenggorokan, meredakan nyeri dada, sakit tenggorokan, dan suara serak.

Untuk memijat titik Tiantu, Anda bisa menggunakan telunjuk dan jari tengah Anda untuk menekan titik ini dengan tekanan yang cukup kuat selama 1–2 menit. Anda mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman selama melakukan pijatan pada titik ini. Anda juga bisa menggunakan jarum akupunktur untuk menusukkan titik ini dengan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

5. Titik Tanzhong (REN17)

Titik Tanzhong atau REN17 adalah titik akupresur yang terletak di tengah dada sekitar empat jari di bawah tulang dada. Titik ini merupakan salah satu titik pijat untuk meredakan batuk berdahak.

Untuk memijat titik Tanzhong, Anda bisa menggunakan ibu jari atau telapak tangan Anda untuk menekan titik ini dengan tekanan yang cukup kuat selama 1–2 menit. Anda juga bisa menggunakan jarum akupunktur untuk menusukkan titik ini dengan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

6. Titik Zusanli (ST36)

Titik Zusanli atau ST36 adalah titik akupresur yang terletak di bagian depan kaki sekitar empat jari di bawah lutut dan satu jari ke luar dari tulang kering. Titik ini berguna untuk meningkatkan sistem imun dan energi tubuh sehingga dapat membantu tubuh melawan infeksi penyebab batuk.

Untuk memijat titik Zusanli, Anda bisa menggunakan ibu jari atau telapak tangan Anda untuk menekan titik ini dengan tekanan yang cukup kuat selama 1–2 menit. Anda juga bisa menggunakan jarum akupunktur untuk menusukkan titik ini dengan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

7. Titik Yongquan (KI1)

Titik Yongquan atau KI1 adalah titik akupresur yang terletak di bagian tengah telapak kaki sekitar sepertiga jarak antara ujung jari kaki dan tumit. Titik ini berguna untuk menenangkan pikiran dan tubuh serta menghilangkan panas dalam tubuh sehingga dapat meredakan batuk kering.

Untuk memijat titik Yongquan, Anda bisa menggunakan ibu jari atau telapak tangan Anda untuk menekan titik ini dengan tekanan yang cukup kuat selama 1–2 menit. Anda juga bisa menggunakan jarum akupunktur untuk menusukkan titik ini dengan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

Kesimpulan

Pijat dan akupunktur adalah teknik pengobatan tradisional asal Tiongkok yang dapat membantu meredakan batuk tanpa obat. Ada beberapa titik pijat dan akupunktur yang ampuh untuk meredakan batuk, seperti Hegu

(LI4), Fengchi (GB20), Yingxiang (LI20), Tiantu (REN22), Tanzhong (REN17), Zusanli (ST36), dan Yongquan (KI1). Anda bisa memijat titik-titik ini sendiri di rumah atau menggunakan bantuan ahli akupunktur yang berpengalaman.

Namun, perlu diingat bahwa pijat dan akupunktur bukanlah pengobatan utama untuk batuk. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat untuk batuk Anda. Jika batuk tidak kunjung sembuh atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti demam tinggi, sesak napas, nyeri dada, atau darah pada dahak, segera periksakan diri ke dokter.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh dan saluran pernapasan Anda dengan cara-cara berikut:

  • Minum air putih yang cukup untuk menjaga hidrasi tubuh dan melancarkan lendir.
  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya akan vitamin C dan antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Menghindari makanan yang dapat memperparah batuk, seperti makanan pedas, asam, berlemak, atau terlalu dingin.
  • Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak esensial seperti eucalyptus atau peppermint untuk membuka saluran napas dan mengurangi iritasi.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk membersihkan tenggorokan dari lendir dan kuman.
  • Menggunakan humidifier atau pelembab udara di kamar tidur Anda untuk menjaga kelembapan udara dan mencegah iritasi pada saluran pernapasan.
  • Menghindari paparan asap rokok, debu, polusi, atau zat-zat iritan lainnya yang dapat memicu batuk.
  • Beristirahat yang cukup dan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan untuk mengurangi tekanan pada paru-paru dan saluran napas.
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin untuk mencegah penularan kuman penyebab batuk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Kesehatan Sedunia 2023 Sejarah Tema dan Pesan Pentingnya

Kanker pada Anak Jenis Gejala dan Pengobatan

5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan