8 Manfaat Daun Pacar untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Daun Pacar untuk Kesehatan dan Kecantikan


Daun pacar atau daun inai adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai pewarna alami untuk kuku dan rambut. Namun, selain itu, daun pacar juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Daun pacar mengandung berbagai senyawa aktif seperti etanol, minyak esensial, flavonoid, alkaloid, tanin, asam galat, dan lain-lain yang dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Berikut ini adalah 8 manfaat daun pacar yang perlu Anda ketahui.

1. Antibakteri

Daun pacar memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan dalam Journal Microbiology Science, daun pacar dapat berfungsi sebagai antibakteri terhadap 4 jenis bakteri yang diuji, yaitu Bacillus subtilis, Escherichia coli, Salmonella typhi, dan Vibrio cholerae. Dengan demikian, daun pacar dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati luka, diare, disentri, dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.

2. Pengobatan diare

Daun pacar juga telah lama digunakan untuk mengatasi diare parah yang disebabkan oleh parasit (disentri amuba), kanker, pembesaran limpa, sakit kepala, penyakit kuning, dan gangguan kulit. Saat ini, daun pacar juga terkadang digunakan untuk menangani penyakit ulkus lambung dan usus. Hal ini karena daun pacar mengandung tanin yang dapat membantu menghentikan pendarahan dan menetralkan racun dalam usus.

3. Menangani gangguan liver

Daun pacar juga diketahui berpotensi digunakan sebagai obat untuk mengatasi pembengkakan liver dan penyakit kuning. Hal ini karena daun pacar mengandung senyawa lawsone yang dapat membantu melindungi sel-sel hati dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, daun pacar juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati dalam memetabolisme lemak dan kolesterol.

4. Berperan sebagai zat pendingin

Daun pacar dinilai punya kemungkinan berperan sebagai zat pendingin yang bisa digunakan untuk menangani luka goresan dan luka bakar. Selain itu, daun pacar juga berpotensi sebagai obat rumahan untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi akibat demam tinggi atau hawa panas akibat kelelahan. Hal ini karena daun pacar mengandung minyak esensial yang dapat memberikan efek menenangkan dan menyegarkan pada kulit dan tubuh.

5. Mengatasi sakit kepala

Sakit kepala akibat suhu panas (heatstroke) diketahui dapat diatasi dengan obat rumahan yang terbuat dari daun inai. Caranya adalah dengan menghaluskan daun inai dan menempelkannya pada dahi atau ubun-ubun. Daun inai dapat membantu meredakan sakit kepala dengan cara mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah di kepala.

6. Menyembuhkan penyakit kulit

Sebagai obat untuk mengatasi gangguan kulit, daun pacar dinilai dapat digunakan pada kulit yang mengalami kurap, kudis, bengkak bernanah, dan kutu air (tinea pedis atau athlete’s foot). Selain itu, daun inai juga bisa digunakan sebagai tabir surya (sunblock). Hal ini karena daun pacar mengandung senyawa anti jamur dan anti inflamasi yang dapat membantu menghilangkan bakteri dan jamur penyebab penyakit kulit serta mencegah iritasi dan peradangan pada kulit.

7. Mengandung anti penuaan dini

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan selalu terlihat muda. Kandungan antioksidan pada daun pacar juga dapat berfungsi sebagai anti-aging yaitu memperlambat proses penuaan serta mengoptimalkan produksi kolagen lewat kandungan vitamin C nya sehingga kulit terlihat lebih kencang.

8. Mengobati jerawat

Salah satu masalah kulit yang sering dihadapi adalah masalah jerawat. Walaupun saat ini sudah banyak sekali obat jerawat yang dijual secara bebas namun cara terbaik tetap mengobati jerawat dengan cara yang alami namun efektif. Tempelkan daun pacar pada kulit yang berjerawat tak hanya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat tapi juga mempercepat proses penyembuhan luka sehingga mengurangi risiko adanya infeksi lanjutan.

Itulah 8 manfaat daun pacar untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Daun pacar merupakan tanaman herbal yang mudah ditemukan di sekitar kita dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Namun, sebelum menggunakan daun pacar sebagai obat alami, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli herbal agar tidak terjadi efek samping atau interaksi dengan obat-obatan lain yang Anda konsumsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Kesehatan Sedunia 2023 Sejarah Tema dan Pesan Pentingnya

6 Gejala Serangan Jantung pada Wanita yang Sering Diabaikan

5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan